Visi
Menjadi Madrasah Unggulanyang Meghasilkan Generasi Qurani,Cerdas, Berkarakter, dan Berdaya Saing Global
Misi
1. Pembentukan Generasi Qurani:
• Menyelenggarakan pembelajaran dengan program Tahfidz dan Tilawati.
• Mendorong siswa untuk memahami, mengamalkan, dan mencintai ajaran Qur'an dan Sunnah.
2. Peningkatan Kualitas Akademik:
• Menyediakan program pembelajaran yang efektif dan interaktif.
• Mengembangkan metode pengajaran yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.
• Memantau dan mengevaluasi kinerja akademik siswa secara berkala.
3. Pembinaan Karakter Unggul:
• Mengintegrasikan pendidikan karakter dalam seluruh aspek kegiatan dan kurikulum.
• Melakukan kegiatan pengembangan karakter, seperti kegiatan-kegiatan sosial dan agama.
• Menumbuhkan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, dan empati dalam kehidupan sehari-hari siswa.
4. Pengembangan Kompetensi Global:
• Memperkenalkan siswa pada bahasa asing.
• Mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran dan aktivitas ekstrakurikuler.
• Mendorong partisipasi dalam kompetisi ilmiah, seni, olahraga, dan budaya.
5. Penguasaan Literasi:
• Mengembangkan minat baca dan keterampilan literasi siswa melalui program membaca rutin dan kegiatan menulis.
• Membangun perpustakaan yang lengkap dan nyaman sebagai sumber daya utama literasi.
6. Partisipasi Aktif dalam Madyarakat:
• Mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial masyarakat
• Mengajarkan pentingnya keterlibatan dalam memecahkan masalah masyarakat melalui nilai-nilai Islami.
7. Pengembangan Guru yang Profesional:
• Menyediakan pelatihan dan pengembangan berkelanjutan bagi guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kepemimpinan.
• Mendorong kolaborasi dan berbagi pengalaman antara guru untuk peningkatan mutu pengajaran.
Tujuan
1. Meningkatkan Pemahaman Ajaran Qur'an dan Sunnah:
• Mengadakan program ekstrakurikuler berbasis Qur'an dan Sunnah.
• Melakukan evaluasi rutin terhadap perkembangan pemahaman siswa.
2. Peningkatan Kualitas Pembelajaran:
• Mengembangkan bahan ajar yang kreatif dan inovatif.
• Meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi dan pemecahan masalah.
3. Penerapan Karakter Unggul:
• Mengadakan program pembinaan karakter reguler di sekolah.
• Melibatkan siswa dalam kegiatan sosial.
4. Partisipasi dalam Kompetisi dan Kegiatan Ekstrakurikuler:
• Mengidentifikasi dan mendukung bakat siswa dalam berbagai bidang.
• Menyelenggarakan setidaknya satu kegiatan kompetisi atau ekstrakurikuler setiap semester.
5. Penguasaan Bahasa dan Literasi:
• Mengadakan program membaca rutin dan pelatihan menulis.
• Meningkatkan koleksi buku dan sumber daya literasi di perpustakaan.
6. Keterampilan Teknologi Dasar:
• Memberikan pelatihan penggunaan dasar teknologi kepada siswa dan guru.
• Menggunakan teknologi dalam pembelajaran setiap harinya.
Indikator Keberhasilan
1. Meningkatkan Pemahaman Ajaran Qur'an dan Sunnah:
• Langkah-langkah Tindakan:
• Mengadakan program "Tahfidz " dan baca tulis arab (Metode Tilawati), Istighosah, kegiatan pembiasaan diri.
• Indikator Keberhasilan:
• Persentase kemajuan hafalan Al-Qur'an yang dicapai oleh setiap peserta ekstrakurikuler.
• Tingkat kemampuan siswa dalam membaca dan menulis huruf Arab.
• Metode Pengukuran Kemajuan
• Melakukan tes periodik terhadap hafalan Qur'an siswa untuk mengukur sejauh mana mereka telah menghafal ayat-ayat tertentu.
• Melakukan uji kemampuan baca tulis Arab untuk kenaikan jilid.
• Mengevaluasi keakuratan dan kelancaran siswa dalam membaca dan menulis huruf Arab.
• Melakukan ujian praktik akhir kelas IX.
2. Peningkatan Kualitas Pembelajaran:
• Langkah-langkah Tindakan:
• Mengembangkan modul pembelajaran interaktif berbasis teknologi.
• Mengadakan pelatihan guru dalam penerapan metode pengajaran yang inovatif.
• Indikator Keberhasilan:
• Peningkatan hasil evaluasi pengajaran oleh siswa.
• Metode Pengukuran Kemajuan
• Survei kepuasan siswa terhadap pembelajaran yang lebih interaktif.
3. Penerapan Karakter Unggul:
• Langkah-langkah Tindakan:
• Mengadakan program "Pembiasaan Diri" setiap hari sebelum pembelajaran dimulai.
• Melibatkan siswa dalam kegiatan sosial seperti pengumpulan dana amal dan bakti sosial.
• Indikator Keberhasilan:
• Tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan karakter dan sosial.
• Metode Pengukuran Kemajuan
• Merekam dan menghitung jumlah partisipasi siswa dalam setiap kegiatan karakter.
4. Partisipasi dalam Kompetisi dan Kegiatan Ekstrakurikuler:
• Langkah-langkah Tindakan:
• Identifikasi bakat dan minat siswa di berbagai bidang.
• Mengadakan latihan rutin untuk persiapan kompetisi dan ekstrakurikuler.
• Indikator Keberhasilan:
• Jumlah medali atau penghargaan yang diraih siswa dalam kompetisi.
• Metode Pengukuran Kemajuan
• Pencatatan dan penghitungan medali dan penghargaan dari berbagai kompetisi.
5. Penguasaan Bahasa dan Literasi:
• Langkah-langkah Tindakan:
• Mengadakan program "Ruang Baca" yang mengajak siswa membaca buku dan menyusun laporan.
• Menambah koleksi buku dalam perpustakaan dan melaksanakan program "Buku Teman."
• Indikator Keberhasilan:
• Peningkatan jumlah buku yang dipinjam oleh siswa dan hasil laporan bacaan.
• Metode Pengukuran Kemajuan
• Rekam data peminjaman buku dan evaluasi laporan bacaan siswa.
6. Keterampilan Teknologi Dasar:
• Langkah-langkah Tindakan:
• Menyelenggarakan pelatihan penggunaan dasar teknologi untuk siswa dan guru.
• Menerapkan teknologi dalam presentasi dan pembelajaran kelas.
• Indikator Keberhasilan:
• Tingkat keberhasilan siswa dalam menggunakan alat teknologi.
• Metode Pengukuran Kemajuan
• Uji keterampilan penggunaan teknologi dalam situasi praktis.